Ujian Negara

Saya rada bingung membaca banyaknya kasus Ujian Negara tahun ini. Terutama soal terlambatnya Soal UN. Bahkan saya sempat baca, karena soal UN terlambat akhirnya siswa harus ujian pada malam hari.

Pendidikan harusnya menjadi hal yang utama jika kita ingin bangsa ini semakin maju. Namun berbagai kasus UN yang terjadi beberapa hari ini seolah menunjukkan kalau pendidikan belum jadi yang terutama di bangsa ini.

Terlepas dari berbagai kasus diatas, para siswa dalam menyambut UN juga melakukan hal yang lucu menurut saya.

Doain Pensil adalah yang paling lucu. Atau saya sebut paling bloon. Bagaimana mungkin anda bisa lulus hanua dengan doain pensil? Anda berharap pensilnya bergerak sendiri mengisi jawaban yang benar? Come on, sudah tahun 2013, sebentat lagi Tuhan Yesus datang anda masih saja percaya yang begituan?

Jika mau lulus, BELAJAR DOOONG! berdoa bukan untuk pensilnya, tetapi minta tuntunan Tuhan agar dia beri anda ketenangan dalam menjawab soal-soal ujian sehingga semua yg anda pelajari tidak anda lupakan karena panik.

Masih ingat ketika saya ujian EBTA dan EBTANAS dulu. Saya belajar sampai jam 12 malam, lalu jam 4 pagi saya bangun untuk belajar kembali. Sebelum berangkat sekolah, orangtua mendoakan saya, saya sendiripun berdoa ketika akan mengerjakan soal. Dan tidak pernah kami diajarkan untuk mendoakan pensil! Hahaha

Jadi jika anda atau saudara anda akan menghadapi UN atau ujian apapun, jangan pernah doakan pensil atau bolpoint. Tetapi minta Tuhan untuk menyertai anda dalam ujian. Tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menolong anak-anakNya yang meminta dengan sungguh-sungguh.

Tetapi ingat, Tuhan melakukan bagianNya, kita juga harus melakukan bagian kita. Apa bagian kita? BELAJAR. Jangan harap Tuhan mau menolong anda lulus ujian kalau anda tidak belajar.

Selamat menjalankan UN, Tuhan Yesus menolong dan memberkati anda.

Leave a Reply

